MODUS PENIPUAN BERUJUNG HIPNOTIS TERBARU VIA TOKO ONLINE ATAS NAMA TANFIDZUL IHSAN DAN BPK RAHMAT JAYADI

Standar

Assalamualaikum.Wr.Wb
Disini saya akan mengulas kejadian penipuan yang saya alami tepatnya pada hari Sabtu, 06/06/2015. Pada hari itu saya ingin memastikan apakah barang yang saya pesan sudah dikirim atau belum karena sebelumnya saya sudah memesan barang/order ke salah satu toko online yang menjual aksesori anime yaitu aksesorisanime.wordpress.com, 

tetapi setelah saya sudah transfer tepatnya pada tanggal 29/05/2015 hingga sepekan belum ada kabar dari pihak seller terkait pengiriman barang yang sudah di order, lumrahnya setelah kita transfer kemudian bukti transferan di kirim ke pihak seller keesokan harinya pihak seller akan konfirmasi dan kemudian memberikan no.resi pengiriman barang dari jasa ekspedisi seperti JNE/TIKI/POS . Disini saya sudah mulai curiga dengan seller/toko online tsb.
Ini adalah bukti transfer untuk barang yang saya pesan :

Jpeg

Jpeg

Dan pada hari sabtu itu terjadilah penipuan yang sesungguhnya yang membuat saya depresi, Saat itu saya hubungin kontak seller yang tercantum di web/situs tersebut dan kebanyakan via socmed seperti BBM, FB, Twitter dan Instagram dan juga tercantum no. telp/hp yang bisa dihubungi.

Berikut ini kontak dari si penipu :
Tweet :

penipu1

Facebook :
penipu2

Instagram :
penipu3

BBM :
Screenshot_2015-06-09-08-09-08

Whatsapp :
Screenshot_2015-06-09-08-09-42

BBM : 522F2D84
SMS : 0895-0483-6924
Whatsapp : 0815-6382-6041
Kontak yang lain : 087714624888 / 083817444830

KRONOLOGIS KEJADIAN :

Pada hari sabtu itu tepatnya siang hari saya berusaha menghubungi seller via socmed ternyata tidak ada tanggapan atau reply, lalu saya hubungi dia dengan sms dan telpon, alhasil dia bales lewat sms dengan iming-iming duit saya akan dikembalikan (duit yang ditransfer untuk order). Tetapi disitu saya tidak mau uang dikembalikan karena saya sudah niat ingin membeli barang tersebut, Tak lama kemudian si penipu menelpon dan mengatakan barang yang saya pesan tidak bisa dikirim karena belum konfirmasi no.resi/alamat lengkap dari pembeli, (loh.. jelas2 saya sudah mengisi format yang lengkap sesuai dng ktp saat memesan barang tsb).

Untuk lebih jelasnya ini seingat saya percakapan dengan penipu saat itu :
A  :  Ane
P  :  Penipu

A  :  Gan, apa ini benar atas nama tanfidzul ihsan seller dari toko anime dari situs aksesorisanime.wordpress.com ??
P  :  Ya benar gan saya sendiri, ada perlu apa gan ?
A  : Saya mau bertanya gan, apakah barang yang saya pesan kemarin sudah dikirim/belum? atas nama Rahmat Arifin dengan format pesanan jaket rakuzan size L, karena saya sudah transfer dari tgl 29/05/15 hri jumat, tetapi kenapa setelah sepekan barang saya belum sampai juga.
P : Oh ya sebentar gan biar saya cek
A : ya.. (saat menunggu kira” sekitar 5mnt) dia menjawab
P : halo gan, maaf agak lama, jadi gini gan sebelumnya saya minta maaf karena baru bisa cek karena kemarin saya mengecek reseller dari kurir saya, memang agan transfer kapan ya ?? (disini saya mulai curiga)
A : yang tadi udah saya bilang sebelumnya, saya transfer pada hari jumat tgl 29 kemarin, dan saya sudah kirim bukti resi transfer ke rek. agan di bbm. coba cek rek. agan sudah masuk apa belum duit yang ane transfer.
P : Oh ya memang benar, transfer dari agan sudah masuk, jadi begini gan kami sengaja tidak mengirim karena agan belum konfirmasi resi pengiriman ke kurir kami, karena kami takut salah kirim nantinya, jadi agan harus segera konfirmasi resi pengiriman supaya kami segera dapat mengirim.
A : Loh ko’ bisa begitu gan, kan saya sudah kirim alamat lengkap kenapa belum bisa dikirim (disini saya mulai gk paham toh jelas” waktu order barang tersebut harus ini format seperti alamat lengkap dan kode pos)
P : jadi begini gan, memang sistem pengiriman kami dari dulu seperti ini jadi buyer juga harus mengikuti aturan ini.
A : (saya yang tidak paham dan masih awam adanya aturan ini terpaksa mengikutinya karena saya memang ingin barang yang saya pesan segera dikirim) Oh begitu gan…
Lalu saya harus bagaimana, saya masih tidak mengerti ?
P : gini gan coba catet no. kode ini 024467xxx untuk konfirmasi resi pengiriman ke kurir kami, jika sudah agan catet agan pergi ke atm terdekat, jika sudah sampai atm nanti agan info saya dan saya akan telpon untuk saya arahkan.
A : (disini saya makin bingung dan saya-pun mengikuti apa yang dikatakan penipu. sesampainya disana saya sms ke penipu itu dan lalu menelpon saya)
P : halo gan, sudah di atm ?
A : ya sudah, lalu gimana caranya ?
P : masukan pin agan, terus ikuti intruksi yang saya berikan
A : disitu ane sudah gk sadar dan tau” saldo ane sudah habis masuk ke rek. pelaku atas nama BPK RAHMAT JAYADI (katanya itu no. rek kurir-nya)
Beberapa saat kemudian saat ane sadar setelah penipu tersebut menutup telpon, lalu setelah saya liat saldo saya habis, saya langsung menghubungi penipu tadi dengan menelpon/sms.
A : gan, kenapa ini saldo saya habis ??
P : Loh gan ko’ bisa, seharusnya gk kena debit
A : Saya gk mau tau gan tolong kembalikan saldo saya tadi,, itu ongkos saya makan untuk 2 bln
P : Yasudah nanti agan sms no.rek agan kesini nanti saya kembalikan…
A : Setelah itu saya memberikan no.rek ke penipu, dan 5mnt kemudian penipu sudah tidak membalas lagi sms saya dan kemungkinan nomor saya sudah diblokir penipu tsb.

Mengambil kesimpulan dari percakapan diatas :
Jadi singkat cerita si penipu tersebut menyuruh saya ke atm terdekat untuk mengkonfirmasi no.resi kepada kurir si penipu (dengan alasan agar barang segera dikirim sesuai alamat, begitu katanya), karena saya masih awam dan tidak paham maka ane ikutin saja perintah si penipu itu (karena saya ingin barang yang saya pesan itu segera dikirim). sesampainya di atm saya disuruh menelpon si penipu itu lagi nah, disini kejadian yang mengherankan terjadi si penipu menyuruh saya mengikuti perintah dia dan secara tidak sadar saya mentransfer uang ke no.rek atas nama BPK RAHMAT JAYADI (si-penipu awalnya bilang itu adalah no.rek kurir yang mengirim barang) sontak saya tidak percaya setelah cek saldo ternyata saldo saya sudah habis, disitu saya seperti dihipnotis oleh pelaku, saldo 1,5jt pun lenyap dan masuk rekening pelaku,

Setelah sadar hipnotis si-penipu saya coba cek resi/bukti transaksi dari atm, dan alhasil saldo saya sudah masuk ke rekening penipu :

Jpeg

Jpeg

Entah saya yang bodoh atau mengiggau saya begitu saja menuruti perintah-perintah pelaku, Saya sadar saat pelaku mengakhiri telpon tersebut, saya coba cek saldo dan saldo sudah habis, tidak lama kemudian saya yang mulai panik dan depresi saya menelpon dan sms pelaku, lalu kata pelaku “saldo agan nanti saya kembalikan, ini hanya proses untuk konfirmasi resi untuk pengiriman kurir, coba kirimi no rek. agan saya akan langsung transfer balik”, dan saya pun memberi no. rek saya dan memohon untuk mengembalikan saldo saya, dan tidak lama setelah itu pelaku-pun memblokir nomor saya dan saya-pun tidak bisa menghubungi pelaku lagi.

Inti dari modus penipuan :
Seller/penipu memang dari awal tidak akan mengirim barang yang kita pesan disini pelaku mensalahgunakan keinginin tahuan kita apakah barang yang kita pesan sudah terkirim atau belum, dan juga kita sangat mengiginkan barang tersebut, lalu kita-pun secara tidak sadar sudah terperangkap ke jebakan pelaku, lalu pelaku memberi intruksi-intruksi yang harus kita lakukan agar barang yang kita pesan bisa dikirim. dan ujung dari permasalahan ini malah kita sendiri yang terhipnotis dan setelah sadar rek. saldo kita sudah habis terkuras .

Wassalamualaikum.Wr.Wb

Welcome To My Blog

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s