Mesin mobil gak dimatiin dalam lift, 3 orang tewas didalam mobil Nissan Terrano

Standar

Penyebab kematian 3 orang dalam mobil Nissan Terrano di Hotel Fashion, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat mulai terkuak. Mereka meninggal karena menghisap zat karbon monoksida yang keluar dari knalpot yang bocor. Maka disarankan untuk tidak menghidupkan mobil dalm durasi lama di ruangan yang tertutup.

Knalpot Bocor
Ini peringatan buat para penikmat hiburan malam yg suka memanfaatkan hotel transit 6 jam-an untuk lebih berhati-hati. Pasalnya hotel-hotel tsb menyediakan Fasilitas parkir langsung dalam kamar yang cenderung sempit & tertutup. Dengan kondisi demikian, jika kendaraan tetap dihidupkan dalam durasi relatif lama, bahaya mengancam

Dokter Mu’nim Idris dari Forensik RSCM Jakarta setelah melakukan otopsi menyimpulkan, korban Sft (20tahun) & Rv (20tahun), pada kulitnya terdapat bercak merah. “Itu berarti korban tewas akibat menghirup karbon monoksida yg dihasilkan knalpot mobil. Karena kedua korban saat meninggal terkulai duduk di jok belakang mobil dengan kondisi mesin mobil masih hidup.” Mereka diduga sehabis kelelahan check-in di hotel itu, masuk pukul 05.00 WIB & ternyata mobil masih dalam keadaan hidup hingga pukul 10.00 WIB.

lift mobil hotel Fashion, Gunung Sahari .

Terlepas dari itu, menurut Ben Yamin Irianto, pemilik PT. Standard Adi Knalpot Indonesia, gas beracun itu bisa ditimbulkan dari kebocoran pada knalpot mobil lalu masuk kabin melalui AC yg dihidupkan. Gas beracun berupa karbon monoksida memang baunya relatif tidak menyengat. Karena itu orang yang didalam mobil seringkali tidak menyadari sedang menghisap racun

Penyebab lainnya karena ruangan yg sempit sehingga mempercepat banyaknya racun yang masuk dalam tubuh korban. Mobil yang mesinnya tidak terawat, lebih banyak mengandung racun. Bukan karena mobil tersebut masih pakai Karburator, lulus uji emisipun tidak menjamin aman dari racun dari hasil sisa pembakaran dalam mesin.

Knalpot bisa bocor, umumnya karena faktor usia kendaraan. Kisaran 3-5 tahun. Gaya mengemudi yg sering rpm tinggi juga mempercepat kerusakan knalpot. Begitu pula semakin tinggi oktan bensin, makin tinggi kadar racunnya. Kalo sudah bocor sebaiknya diganti yang baru. Akan tetapi yg lebih penting dilakukan adalah perawatan. Yakni dengan rajin membersihkan kolong mobil. Hindari air & udara laut (pinggiran pantai) karena itu akan mempercepat korosi. Alternatif lain agar terhindar dari racun karbon monoksida yaitu memakai mobil Diesel. Meski baunya menyengat & berwarna hitam pekat, racun karbon monoksida pada mesin Diesel lebih sedikit.

*sumber : tabloid Otomotif edisi minggu ini

Welcome To My Blog

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s